Kamis, 16 November 2017

Takut berhijab? Manfaat hijab


Memakai hijab adalah kewajiban bagi seluruh wanita muslim. Kenapa? Karna Allah berfirman dalam Al-Qur'an surah al-Ahdzaab ayat 59:
{يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا} [الأحزاب : 59]
Artinya: "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
Dan juga Rasulullah saw. bersabda: "Ada dua Kelompok Termasuk Ahli Neraka, Aku Belum Pernah Melihatnya, Suatu Kaum Yang Memiliki Cambuk Seperti Ekor Sapi, Mereka Memukul Manusia Dengan Cambuknya Dan Wanita Yang Berpakaian Tapi Telanjang Karena Tipis, Atau Pendek Yang Tidak Menutup Semua Auratnya, Bergaya Ketika Berjalan, Ingin Diperhatikan Orang, Kepala Mereka Seperti Punuk Unta Yang Berpunuk Dua, Mereka Tidak Masuk Surga Dan Tidak Mendapatkan Baunya Padahal Bau Surga Itu Akan Didapati Dari Sekian Dan Sekian Perjalanan 500 Tahun." {HR.Muslim,Ahmad Dan Imam Malik}
Dari dua dalil diatas kita tau bahwa jangankan masuk surga,  mencium bau surganya saja tidak bisa seperti yang Rasulullah saw. katakan.

Sudah banyak penelitian tentang manfaat hijab baik itu dari sisi kriminalogi maupun pakar kesehatan. Dari penelitian kriminalogi, Ternyata semakin banyak wanita berhijab di suatu daerah/negara maka akan semakin mengurangi tingkat kriminal pelecehan seksual. Karena wanita yang berhijab memiliki tingkat peluang kecil untuk diganggu para lelaki.  Berbeda dengan negara yang mayoritas wanitanya membuka aurat, semakin banyaknya kasus pelecehan seksual yang terjadi.

Lalu, bagaimana manfaatnya dengan kesehatan?
1. Memperlambat penuaan dini kaum wanita
Proses penuaan pasti dialami setiap orang termasuk wanita. Selain pola makan dan gaya hidup seseorang,  paparan sinar matahari juga termasuk penyebab proses penuaan. Nah lo?  Ada apa dengan sinar matahari? Paparan sinar matahari ternyata dapat merangsang keluarnya sel-sel melanin dalam kulit dan menyebabkan rusaknya jaringan elastin dan kolagen pada kulit. Bila hal itu terjadi, maka kulit menjadi tidak lentur lagi alhasil kemudian timbulah keriput pada kulit sebagai gejala awal penuaan dini pada seseorang. Dengan berhijab, seorang wanita akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV matahari dibandingkan bila memakai cream pelindung kulit atau sejenisnya, juga dapat menjaga memutihkan wajah dan kulit.

2. Hijab menjaga kesehatan rambut wanita
Menggunakan hijab dapat menjaga kesehatan rambut wanita, karena hijab melindungi rambut dari sinar matahari, polusi, radikal bebas dan debu yang dapat merusak rambut. Memakai hijab merupakan salah satu solusi para wanita untuk menjaga rambutnya dari berbagai kerusakan yang di timbulkan oleh hal-hal tersebut.

3. Hijab mencagah terjadinya kanker kulit
Nah lo? Apa hubungannya dengan kanker kulit y?  Kanker kulit adalah penyakit  yang terbentuk akibat adanya ketidakstabilan sel  kulit yang bisa dipicu oleh beberapa hal seperti zat kimia, radikal bebas dan paparan ultra violet sinar matahari. Kulit wanita memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan kulit pada seorang pria. Sinar Ultra Violet (UV)  matahari dapat merusak dan membunuh DNA pada sel kulit dan merubahnya menjadi sel tumor pemicu kanker kulit. Untuk itu dengan memakai hijab yang sesuai ketentuan seorang wanita akan lebih terlindungi dari timbulnya sel kanker kulit.

4. Mencegah timbulnya Radang Kulit Bagian Luar (Solar Keratoses)
Radang kulit bagian luar merupakan kondisi kulit yang terlihat bersisik dan kasar akibat terkena paparan Ultra Violet (UV) sinar matahari. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, kondisi tersebut dapat mengarah pada timbulnya sel kanker. Dengan memakai hijab, semua bagian tubuh wanita akan terlindungi dari paparan UV sinar matahari terutama terhadap terjadinya radang kulit bagian luar (Solar Keratoses).

5. Melindungi dari udara panas dan dingin
Tubuh sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Udara panas tidak baik untuk otak. Pakar menyarankan saat harus berada di bawah sinar matahari sebaiknya menggunakan pakaian yang tertutup terutama pada bagian kepala, mata, dan leher untuk mengurangi resiko kerusakan otak. Tubuh dengan suhu dingin terlalu lama juga dapat menyebabkan hipotermia, flu dan gemetar.
Pada suhu dingin juga disarankan untuk memakai pakaian yang tertutup di tubuh dan kepala untuk menjaga tubuh tetap hangat. Wanita yang berhijab dapat menjaga suhu dan melindungi tubuh dari paparan sinar matahari dan suhu dingin.

Nah, itu sebagian kecil dari manfaat menggunakan hijab dari sisi kesehatan.  Masih banyak beragam manfaat lainnya yang belum kita ketahui.
Bagaimana seseorang wanita muslim enggan memakai jilbabnya dengan dalih nanti dulu deh, masih muda, panas, atqupun berbagai macam dalih lainnya.
Kalau begitu, dapatkah kita menjawab kapankah kita mati? Padahal kematian tidak mengenal umur, jabatan, harta. Manakah yang lebih panas, panasnya dunia atau panasnya api neraka?
Dapatkah kita mengira ketika kita melangkahkan kaki, kita yakin akan sampai pada tujuan? Bagaimana jika nyawa dicabut ditengah perjalanan?
Maka dari itu, marilah kita berhijab walau perlahan. Tidak ada perubahan yang langsung jadi. Dan, jika ada yang mengatakan, hijabin hati dulu baru fisiknya. Maka katakan padanya, hijab itu bukan dari hati tapi dari kepala sampai kaki.
Wallahu a'lam bisshowab.

3 komentar: